IAIN Samarinda Kembali Gelar Wisuda Drive Thru

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda kembali menggelar Wisuda Magister Ke X dan Sarjana Ke XXXIV.
Sama dengan kegiatan wisuda sebelumnya, kegiatan wisuda di masa pandemi Covid-19 ini dilakukan dengan metode blended, yakni kombinasi antara offline dan online. Metode blended ini merupakan bentuk langkah antisipatif dalam mencegah penyebaran Covid-19.
Dalam metode offline, prosesi wisuda hanya melibatkan para wisudawan terbaik sebagai perwakilan dari masing-masing jurusan. Sementara dalam metode online, prosesi wisuda dilakukan melalui streaming youtube. Dalam metode online ini, pemindahan koncer dan penyerahan ijazah para wisudawan dilakukan dengan cara mengendarai mobil atau motor (drive thru).
Wisuda dibuka dengan Sidang Terbuka Senat IAIN Samarinda dengan agenda tunggal wisuda dan dilanjutkan dengan penyampaian laporan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik.
Adapun jumlah total wisudawan adalah 122 wisudawan, meliputi Program Magister dan Sarjana. Dari jumlah di atas, terdapat 23 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).
Setelah laporan akademik, Rektor IAIN Samarinda, Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M. Pd secara resmi mewisuda seluruh wisudawan dan mengukuhkan gelar akademik sesuai jurusan masing-masing. Selanjutnya, Rektor memindahkan koncer toga wisuda dan menyerahkan ijazah kepada mahasiswa terbaik. Sementara wisudawan lainnya, pemindahan koncer toga wisuda dan penyerahan ijazah dilakukan oleh Dekan Fakultas masing-masing secara simbolis di tengah-tengah prosesi wisuda secara drive thru.
Dekan FEBI IAIN Samarinda, Dr. H. Darmawati, M. Hum menyebut bahwa di tengah kondisi dunia yang berubah secara cepat, tiap fakultas di perguruan tinggi diharapkan mampu melakukan inovasi, khususnya inovasi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Inovasi ini tidak mungkin dilakukan tanpa ruang gerak yang memadai. Semangat inovasi inilah yang kemudian menginspirasi dibentuknya program studi baru di Kampus FEBI.
“Alhamdulillah, sebanyak 23 lulusan FEBI bisa ikut wisuda hari ini. Mudah-mudahan, lulusan-lulusan ini mampu terjun ke masyarakat dan mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi,” Katanya.
Lebih lanjut, Dekan menyampaikan melalui program Kampus Merdeka, pembelajaran di FEBI diselenggarakan dalam konteks untuk menggerakkan interaksi kampus dengan dunia kerja, dimana mahasiswa akan berkesempatan memperoleh pengalaman, wawasan, hard skill, dan soft skill yang lebih kuat.
“Selamat kepada seluruh wisudawan, segenap keluarga FEBI mendoakan semoga ilmu yang telah dipelajari dapat bermanfaat dan mampu memberikan kontribusi di tengah-tengah masyarakat secara nyata,” pungkasnya