ToT FEBI, Sinergikan Keilmuan dan Dunia Kerja

SAMARINDA, BERITAIAIN,- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Cabang Kota Samarinda menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi calon trainer perbankan di lingkungan kampus IAIN.

Dr. Bambang Iswanto, SH selaku Dekan FEBI IAIN Samainda mengatakan penting bagi fakultas yang dipimpinnya itu bekerjasama dengan lembaga perbankan dalam mendidik dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang qualified di bidang perbankan Syariah.

“Kita berharap kerjasama yang dibangun IAIN Samarinda dengan BRI Syariah terutama dalam menyiapkan SDM yang mumpuni di bidang perbankan Syariah akan membentuk sebuah sinergi saling menguntungkan,” tutur Bambang Iswanto.

Untuk itu menurutnya, Training of Trainer (ToT) dan Instalasi pengelolaan mini bank Syariah di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah perlu segera direalisasikan.

Bak gayung bersambut, Kepala cabang BRI Syariah Kota Samarinda, Restu Febri, mengungkapkan hal yang sama bahwa sebenarnya pihaknya sudah sejak lama ingin silaturahim, duduk bersama dalam sebuah jalinan kerjasama membangun dunia pendidikan yang berkualitas dan mumpuni.

Menurutnya BRI Syariah siap mensuport calon perbankan di lingkungan IAIN agar mampu secara kualitas nantinya bisa terserap di dunia kerja yang sebenarnya.

Selain itu BRI Syariah dirasa cukup perlu untuk ikut serta menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim yang berbasis syariah.

“BRI Syariah mempunyai sebuah fitur bernama Salam BRIS. Nantinya fitur ini bisa dioperasikan di laboratorium mini bangking milik kampus,” ungkap Restu Febri.

Dari penuturan Kepala BRI Syariah Kota Samarinda itu diperoleh informasi bahwa pihaknya siap melakukan pendampingan pada mahasiswa baik itu berupa penelitian yang terkait dalam perbankan maupun pada Praktik Kerja Lapangan.

Diketahui dalam ToT oleh BRI Syariah kepada tenaga dosen di lingkungan IAIN Samarinda di jalan H.A.M Rifaddin Loa Janan Ilir itu akan fokus pada tiga kegiatan utama yakni, presentasi, instalasi fitur dan dilanjutkan dengan ToT.

Ahmad Mujadid salah satu trainer dari BRI Syariah Pusat menyampaikan bahwa ToT di lingkungan pendidikan, sebagaimana di IAIN Samarinda itu guna memberdayakan lulusan sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah agar mempunyai kemampuan yang diperlukan dunia kerja perbankan.

Dalam simulasi langsung yang dipraktikkan tim trainer, aplikasi Salam BRIS dilengkapi dengan fitur berbasis website, open source, jangkauan teknologi yang cukup luas, desain untuk simulasi transaksional, mendukung multi cabang, customer service dan supervisor.#Tamam/ Humas