Prakata Dekan

bambang toga

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) atau yang dalam bahasa inggris di sebut AEC (Asean Economic Community) merupakan sebuah blue print ekonomi jangka panjang yang telah lama dipersiapkan dan digagas oleh hampir seluruah anggota-anggota ASEAN. MEA hadir dalam rangka meningkatkan dan memperkuat kondisi perekonomian khususnya di kawasan ASEAN. Kehadiran MEA ini berimplikasi kepada semakin tingginya tingkat fleksibilitas perekonomi di kawasan ASEAN hampir di segala sektor, baik jasa, sumber daya manusia, barang investasi, dan lain-lain.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Samarinda, hadir ditengah-tengah heteroginitas masyarakat Kalimantan Timur memiliki andil besar dalam rangka mencetak kader-kader yang handal dalam bidang ekonomi, bisnis, dan perbankan guna meningkatkan daya saing masyarakat baik dalam skala regional, skala nasional bahkan internasional ditengah tingginya tingkat peraingan di era MEA saat ini. Meskipun belum pernah meluluskan mahasiswa karena baru berumur dua tahun namun saya yakin dalam beberapa tahun ke depan fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam akan survive dan menuju masa kejayaannya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam saat ini hanya memiliki dua Program Studi yakni Prodi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah dan akan terus dikembangkan Program-Program Studi baru sesuai dengan kebutuhan dan dinamika yang berkembang. Menilik statistik yang ada sejak awal berdirinya kedua Program Studi tersebut dari waktu ke waktu terus mengalamai peningkatan dan semakin mendapat tempat ditengah-tengah masyarakat Kalimantan timur.

Dalam upaya merealisasikan hal di atas Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda tidak hanya melaksanakan pendekatan secara teoritis belaka dalam aktifitas belajar mengajar namun juga dikolaborasikan dengan pendekan praktis. Dengan usia yang masih terhitung muda fakultas ini telah memiliki sarana-prasaran pendukung yang representatif dan memadahi mulai dari Laboratorium Perbankan lengkap dengan aplikasi otomatisasi perbankan, Laboratorium Bahasa, dan Laboratorium Komputer dan dukungan SDM yaang berkualitas.

Ketersediaan dan diaplikasinnya berbagai sarana Teknologi Informasi serta ketercukupan rasio dosen dan mahasiswa diharapkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda dapat menelorkan insan-insan intelektual, berwawasan luas yang berazazkan syariah yang siap dalam persaingan yang semakin kompetitif saat ini.

Akhirnya, ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para orang tua mahasiswa dalam rangka turut serta memajukan perekonomian khusunya di Kalimantan Timur.

(Dr. Bambang Iswanto, M.HI)